Kamis, 27 Agustus 2015

AMBIL APA? AMBIL HIKMAHNYA AJA - II




Dan dimalam itu,
Aku lagi istirahat aja di kamar sambil baca komik + sesekali ngecek hp liat berita.

Udah berulang kali aku refresh fp Bina Antarbudaya nya tapi gak juga muncul pemberitahuannya.
Kan bikin orang tambah penasaran aja. Gugupnya pun makin bertambah.
Yaudah karna aku kesel, tinggalin dah tu hp.
Aku pergi dulu ke dapur buat minum, haus nungguin pengumumannya.

Trus balik lagi ke kamar. Dan tiba-tiba..
.
.
JENG JENG JENG
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
nunggu ya?

Belum kok. Gak ada apa-apa. Jan srius gitu dong #krikkrik

Trus pas balik ke kamar aku lanjut baca komik.
Dan tiba-tiba hp ku bunyi.
*CKLING* *anggapajabunyinotifikasimasuk

Langsung aku cek hp dan dapat pesen dari temen aku.
Trus dia bilang, "Bil? Kamu lolos ya? Wah selamat ya!"
.
.
.
DEG

Tiba-tiba jantungku memompa dengan cepat ampe mau copot *gak
trus aku bales, "HAH? SRIUS YUN? GAK MUNGKIN LAH PENGUMUMANNYA AJA BELUM KELUAR!" bales aku sewot keliatan marah tanpa sebab.

"YA NYANTAI AJA DONG NAPA MARAH KE GUA?!"

...

Gak yang diatas canda doang. Tapi emang bener aku nanya ke yuni cuma capslocknya gak sempet ancur kok.
"Lah pengumumannya udah keluar! Coba di cek bil"

Penasaran, langsung segera aku cek fp nya Bina Antarbudaya.
Dan ternyata emang bener pengumumannya udah keluar.
Dan dari situ aku mulai ragu mau buka apa gak.
Takutnya ntar hasilnya gak memuaskan.

Tapi..ah sudahlah, daripada banyak drama langsung aja aku baca tulisannya.

Aku baca yang bagian dari Jambi.
Aku baca dari nomor 1,2,3,dst belum juga ketemu namaku. Dari situ udah agak kecewa & pasrah.

Terus..terus..kiri..kanan..mundur dikit..nyebur *gak

Tiba-tiba aku membulatkan mataku sempurna *lebay
Saya berhenti membaca di nomor 38, yang ternyata bertuliskan nama saya.

'38. SALSABILA /Nomor peserta/ SMA N 06 KOTA JAMBI' 

JENG JENG JENG JENG
*kamera zoom in zoom out*
.
.
*langsung putar lagu Alhamdulillah by.Opick ft Amanda*

Gak kok. Aku gak teriak-teriak kesenengan atau langsung berlari peluk ayah ibu trus nangis haru.

Tangan ku dingin. Aku cuma bisa diem dan senyum senang.
Langsung elus dada sambil dalem hati bilang 'Alhamdulillah~'

Tapi sayangnya sahabat-sahabat saya yang ikut kemarin, termasuk temen les saya yang nyaranin saya ikut program ini, gak lulus :( .. (padahal mereka pinter-pinter semua dan sering juara kelas!)

well.. terkadang entahlah. Tapi,

ALHAMDULILLAH LULUS!

Walau sedih, aku juga seneng. Malam itu pun aku tidur dengan nyenyak.

#SKIP

Saya mulai mempersiapkan diri saya untuk Tes tahap kedua. Udah cukup seneng-senengnya karena ini baru lewat tahap 1.

Yang parahnya tes kedua ini adalah, WAWANCARA.

Duh..

duh.. duh..... DUH!

Jujur aku paling sulit untuk komunikasi. Apalagi sama orang yang gak dikenal.
Aku bakal sulit ngomong atau bakal gugup kalo berhadapan sama orangnya.

Pokoknya tes kali ini benar-benar kelemahanku.

Oke langsung aja dipercepat.

Hari-hari pun berlalu. Dan akhirnya tibalah hari tes tahap kedua.
saya berangkat dari rumah pagi-pagi diantar sama ayah.
Dan gak tau kenapa tes tahap ini gak semangat banget karna udah takut duluan.

Selama diperjalanan bawaannya mules aja pengen anu *gak

Pas sampe di tempatnya eh baru nemu satu peserta yang lagi nunggu + kantornya belum buka.
Ternyata tesnya dimulai jam 10. Saya nya datang kecepetan wkwk

Akhirnya supaya gak gugup, ayah saya ngajak saya mampir ke warung nasi gemuk buat sarapan.
Setelah 15 menit disana, kami pun melanjutkan perjalanan ke LTI, tempat berlangsungnya tes hari ini.

Sesampainya disana udah ada beberapa peserta yang nunggu. Akhirnya saya mengizinkan ayah saya pulang ke rumah, dan saya siap untuk mengikuti tes.

Saya pun salaman sama ayah. Ayah pun pulang.

Disana saya cuma diem nunggu kantornya dibuka.
Sesekali ngeliat murid-murid disana.
Ternyata banyak yg lulus dari Titian Teras sama Man cendikia. Mereka kek rombongan.
Trus juga ada beberapa dari Bina Kasih, Xaverius, SMK, dan SMA 1.
Saya dari SMA 6 sendirian pun merasa kesepian...

Tapi anaknya baik-baik kok.
Ada beberapa yang nyapa dan ajak kenalan. Mereka pada ramah, alhamdulillah.

Akhirnya orang kantor LTI pun datang.
Mereka yang bakal ngewawancara peserta pun datang.
Wah saya tambah gugup. Tangan makin dingin. Perut tambah mules + mual.

Kami disuruh masuk. Dan satu-persatu peserta mulai dipanggil.
Dan tiba-tiba nama saya dipanggil sekitar setelah 5 peserta udah maju.
Wah.. wah.. wah..

Kebetulan wawancaranya dibagi 2. Ada wawancara bahasa Indonesia & wawancara bahasa indonesia. Dan kebetulan saya dapat wawancara bahasa indonesia dulu.

Konon katanya yang wawancara bahasa indonesianya ini lebih serem dari yang bahasa inggris...

Waktu masuk keruangannya tangan saya tambah dingin.
Walaupun ruangannya pake AC, tapi rasanya panas banget.
Suasananya pun gelap, walau lampunya terang.
Pewawancara tersenyum ke saya, tapi senyumannya seperti menyimpan maksud lain...

Tuh kan jadi lebay wkwk

Saya pun duduk, dan mereka mulai menyuruh saya memperkenalkan diri.
Trus tanya tanya tanya.. sampai saya yakin saat itu saya membuat kesalahan.

Saya sempat jawab 'GAK TAU' karna waktu itu saya bener-bener gugup dan nge blank!
BAYANGIN! DENGAN POLOSNYA BILANG GAK TAU!

ITU KESALAHAN BESAARRR!

ALLAHUAKBAR!

JDERR! *bunyi petir*

Walau suara saya kecil, tapi saya yakin mbak mas pewawancara didepan saya pasti masih bisa mendengarnya.
Matilah aku.
Namun dengan segera ku jawab dengan benar, dengan nada bicara yang gugup.

Kulihat dari mata mbak sama masnya, mereka natapnya dalem banget ampe mata saya gak kuat serasa mau copot. Setelahnya pun, karena insiden itu saya pake cengiran cengiran bodoh dan ketawa ketawa kecil setelah menjawab pertanyaan lainnya. Supaya saya bisa mengalihkan rasa gugup dan kesal yang berlebihan terhadap diri sendiri. Mbak dan masnya ikut cengengesan juga tapi mukanya gak menjelaskan kalo dia ngikut ketawa. Kayak terpaksa gitu. Ngerti kan?

Akhirnya wawancara b.indo pun selesai. Saya keluar ruangan dengan muka yang saya yakin pucat trus kayak abis ngerjain ulangan matematika. Lesu lah, rasanya gak puas aja.

Trus gak lama nunggu saya kembali diwawancara, bahasa inggris.
Setelahnya berlangsung sekitar 7 menit, wawancaranya selesai.
Saya akui wawancara bahasa inggrisnya gak sebegitu tegang dari wawancara b.indo tadi.
Tugas saya pun selesai.

Yang ada di pikiran saya setelahnya, saya cuma mau pulang. Itu aja.
Rasanya hari ini berat banget, capek banget, lebih menguras tenaga dari tes tahap pertama kemarin.
Karena pada tes tahap kedua ini, aku melawan kelemahanku sendiri. Dan ternyata itu sulit.
Bener-bener sulit. Sulit sekali berkomunikasi. Hah.. terkadang entahlah.

Trus telpon ayah minta jemput. Sambil nunggu ayah jemput, aku cuma bisa diam.
Melamun, kecewa, kesel, sedih, gak puas. Semuanya rasa bersalah pada diri sendiri bercampur aduk.
Aku mau cepet-cepet sampe rumah. Aku mau istirahat. Kepalaku rasanya udah berat memikirkan hal-hal yang akan terjadi selanjutnya. Dari sana aku sudah yakin, pasti gak berhasil.

Ayah saya pun datang menjemput. Saya pun pulang ke rumah.
Diperjalanan saya cuma diem, masih melamun.
Ayah saya sempat nanya, "Kenapa? kok lesu?"

"Gapapa" gitu aja. Jadi males ngomong. Saya tau, tanpa dijelasin, ayah saya pasti udah ngerti wkwk

Sesampainya dirumah saya langsung masuk kamar dan baring.
Langsung tidur sekitar 15 menit. Menghilangkan stress.

#SKIP

Di hari pengumuman aku sama sekali gak gugup.
Karena aku udah tau hasilnya pasti gak akan baik.

Dan ternyata..

AKU LULUS?!

DEMI APA?

YA NGGAK LAH

WKWKW :v

Emangnya kek di film-film apa, bisa dengan enaknya keberuntungan datang pada pemeran utama cerita. Sayangnya aku bukan pemera utamanya kali ini.
Ini memang belum jalannya.

Dan dari situ aku gak kecewa dengan apa yang sudah aku lakukan.
Setidaknya aku sudah bisa menilai dan tau kesalahanku sendiri.
Aku bisa ngerti dan menjadikannya sebagai pelajaran untuk tantangan ke depannya.

Aku justru harus bersiap-siap untuk jadi pemeran utama pada jalan ceritaku yang sebenarnya.
Memang tak semulus jalan cerita kehidupan orang lain, namun aku yakin cerita hidupku akan berjalan menarik dan menantang, dan aku akan terus mencari happy endingnya dengan cara apapun.
.
.
.
krik krik

Pasti pada mual kan bacanya? Lebay banget wkwk
Maaf lah ya, aku terbawa suasana hehe

Kalo ada yang tanya,

'Buat apalah ikut itu?

Jadi apa yang kamu dapat?

Apa yang kamu raih?

Apa yang dapat kamu ambil?'

Well..
AMBIL APA? AMBIL HIKMAHNYA AJA~ *peace

Udah lah segitu cerita aku kali ini.
Aku akan kembali dengan cerita lainnya.
Maap kalo aku labil, pake 'saya' trus berubah jadi 'aku'.. wkwk
maklum nulisnya cepet-cepet karna udah disuruh ortu mandi dari tadi wkwk

Udah jam 9 malam nih,
Masih pake baju sekolah,
Malem jum'at mau mandi jadi ngeri wkwk

Mandi gak ya? :v
.
.

Sekian!
Wassalamualaikum~


SALAM SUPER!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar