Rabu, 26 Agustus 2015

AMBIL APA? AMBIL HIKMAHNYA AJA - I



Assalamualaikum.
Udah lama ini blog gak saya 'apa-apa-in'.
Maklum sibuk... *gak
Ketauan banget blog ini jarang diurus,
waktu baru dibuka aja nemu sarang laba-laba dipojok atasnya.. *GAK
.
Makanya, aku ganti template blog ini jadi tampilan baru dan- TADAA~
Dengan menggunakan template dari anime Oreshura, nuansa biru yang diberikannya, memberikan kesan fresh kepada pembaca & penulisnya. Ya, walaupun aku gak suka warna biru, tapi temen ku suka warna biru. Karena template nya kebetulan warna biru, yaudah.
.
Apa sih? -_-
Yaudah maafkan, maklum belakangan saya stres berat. Membutuhkan banyak pencerahan dan motivasi hidup. Btw, thanks to pembuat template ini.
.
Oke, yang tadi itu pendahuluan.
Langsung ke inti nya aja kenapa sih? Gak tau juga ah ribet (?)
.
.
Oh ya, sekarang saya sudah menduduki bangku di kelas XI. Iya, naik kelas.
XI Ipa 2 adalah kelas saya yang sekarang. Walaupun muridnya pada diacak, saya masih satu kelas sama teman & kerabat terdekat saya *cailah* tapi ada satu yang pindah ke IPA 1. Gapapa lah, moga tenang disana dan diterima disisinya *nahloh(?)

Jadi, saya mau kasih tau pengalaman saya di kelas X yang lalu.
Waktu itu mungkin waktu yang paling menantang untuk saya. Pengalaman yang rasanya kayak kopi, walaupun pahit, dimanisin aja..

Ok, lets check it out~

Suatu hari..
Aku terbangun mendengarkan alarm yang berdering memekakkan teling-

Lebay ya? makanya yang serius dong...
#Abaikan #inikokrasanyaribetplusberatbangetmauceritainnya #udahlah #stop #stopAbil #saveAbil2015 #KoinCintaUntukAbil ..*GAK

Oke jadi gini, waktu itu di sore hari saat saya sedang les di Mei (btw sekarang udah tamat hehe). Di saat suasana belajar yang sedang tenang tenangnya, teman saya menginterupsi dan berkata,
"Bil, kamu ikut gak yang pertukaran pelajar itu?"

Sontak saya langsung mengalihkan perhatian saya dari buku menuju ke arah suara yang baru saja mengejutkan saya *kokdramatisgini
"Hah? Pertukaran belajar? Dimana? Kapan? Siapa yang ngadain? Bisa kemana aja? Pendaftarannya gimana? Syaratnya apa aja? Bawa uang berap-"

"Abil stop. Dengerin dulu penjelasan aku." tiba-tiba temen saya meletakkan jari telunjuknya ke bibir saya. Ya saya kaget kok romantis gini.

"Ya tapi aku gak bisa diginiin" sambung saya yang gak sadar juga dramatis. Drama pun terus berlanjut ampe dora gede. Miss Amrina, guru yang ngajar kami, cuma bisa istighfar dan pulang-pulang langsung sedekahan.

Gak kok. Yang diatas bercanda doang. Tuh kan jan marah ya. Tolong maklumin keadaan saya lagi gini. Oke kali ini saya serius.

Setelah saya tanya banyak, ternyata pertukaran pelajar itu program AFS/ Bina Antarbudaya. Temen saya pun menjelaskan banyak hal mengenai program tersebut. Saya cuma bisa cengo, tapi bahagia karena ternyata program kek gini memang ada. Gak cuma di khayalan doang. Gimana gak seneng tuh? MUMPUN LAGI ADA KESEMPATAN KAN? KE LUAR NEGRI BRO! STUDY ABROAD! COBA KASIH TAU SIAPA YANG GAK MAU? #CAPSLOCKANCUR #hentikan #terlalusemangat

Setelahnya dia kasih tau supaya saya segera ke LTI, tempat pendaftarannya yang tepatnya berada di telanai, deket rumah makan T*raso, disebelah Jak*z, dan dekat SD & TK AL-A***R #sensorajaterus #ampesekolahjugadisensor
Dan ternyata pendaftarannya bakal ditutup dalam 4 hari itu.

#SKIP

Besok-besoknya saya datang ke LTI, dan tanya syarat2nya apa aja, trus bayar kalo gak salah 160rb, kalo gak salah. Setelah itu saya urus berkas-berkasnya. Lalu dihari terakhir pendaftaran, pas banget hari udah sore dan kantornya mau tutup (ampe mbak mbaknya pada beres-beres mau pulang), saya datang mengantar berkas dan formulir yang sudah saya isi. Untung masih ada waktu, padahal kantornya udah mau dikunci, mbaknya aja ampe istighfar liat saya dan dia bilang saya pendaftar terakhir dari kota Jambi. Gila, gak tau napa saya berasa di film-film bahwa saya adalah pejuang terakhir dalam kompetisi ini.

Oke dan pada tanggal -sekian- saya akan mengikuti tes tahap pertama, yakni tes tertulis yang terdiri dari 3 bagian, ilmu pengetahuan umum, tes bahasa inggris, dan membuat essai yang nantinya akan diberikan topiknya.
Pada jam 7 pagi, para peserta sudah harus ada disana, di SMA N 1 Kota Jambi.

Saya berangkat jam 6.30, dengan motor, sendiri, dimana jalanan masih sepi, namun udara masih segar dengan hawa-hawa dingin dan embun pagi yang khas. Saya pun semakin semangat untuk mengikuti tes tersebut setelah semalam saya baca&belajar sedikit (sebagai persiapan walaupun gak tau mau belajar apa wkwk). Saking semangatnya saya dimotor ngomong-ngomong dan ketawa-ketawa sendiri. Untung kan ya lagi sepi, kalo gak, saya udah dikatain gila sama orang lain.

Sesampainya di SMA 1, ternyata udah ada sekitar 5 orang yang nunggu. Dan mereka dari berbeda-beda SMA. Tapi syukur aku ketemu temenku dari SMA 1, yang kebetulan juga ikut tes ini. Kalo gak saya lagi-lagi bakal cengo disitu karna gak tau mau ngapain di daerah asing dengan orang-orang yang asing *lebay *lambaikantangan

Saya pun duduk. Sambil memerhatikan murid-murid lain yang mulai berdatangan. Ternyata banyak yang dari SMA 1, Bina Kasih(sekolah temen les saya yang ngasih tau saya tentang program AFS, btw dia ikut tes juga), dll. Otomatis mereka berombongan dan woles aja. Aku juga ketemu sahabat saya di SMA 1 yang baru datang. Seneng lah sambil ngelepas rindu dari lulus smp gak ketemu. Gapapa lah setidaknya saya punya teman 2 orang di tes ini. Tapi saya juga dikenalin kok dengan teman-temannya teman saya. Ngerti kan?

Pas udah lumayan rame, saya perhatikan mereka satu-persatu.
Gila, mereka pada tampang-tampang pinter semua + pada pegang buku/RPUL/kertas contoh soal dengan muka penuh keseriusan dalam belajar. Dibandingkan saya, gaya culun yang cuma bisa duduk diem gak pegang apa-apa + cuma modal otak & ilmu pengetahuan yang pas-pas-an.
Dari situ saya udah mulai ciut dan.. dan.. ah entahlah.

Lalu tes pun dimulai pada jam 8 kalo gak salah. Pertama kita tes ilmu pengetahuan dulu.
Kertas-kertas soal dan jawaban pun mulai dibagikan. Setelah mengisi data diri, kami mulai mengisi lembaran jawaban. Dari soal-soalnya menurut saya INSYAALLAH saya tahu. Menurut saya kalo kita suka baca/sering baca pasti bisa ngejawab.
Oke tes pertama pun lewat dengan tangan yang masih dingin (gugup). Dalem hati cuma bisa ngomong, Dibawa asik aja~

Tes kedua tes bahasa inggris. Gak tau ya, tapi alhmadulillah gak ditemukan kendala dalam mengerjakan tes ini, walaupun jantung masih dag dig dug. Saya yakin soalnya gak terlalu sulit. Kayak soal-soal ujian sekolah lah. Tes kedua berjalan dengan lancar.

Tes ketiga, buat essai. Dan saya milih topik yang kalo gak salah tentang pengalaman dalam berkelompok. Gak tau pasti lah, aku udah ngelupain semuanya *galau
Tapi srius saya bener-bener lupa. Gak tau napa jadi pikun gini. Rambut juga banyak uban *srius
Dalam menulis tes essai ini, saya menulis apa yang ada diotak saya aja. Dan karna saya sering buat cerita, jadi saya udah sedikit terbiasa dengan menulis. Saya anggap aja waktu itu lagi buat cerpen wkwk

Tes tahap pertama pun berakhir pada jam 4 sore. Lama banget memakan waktu. Perut laper. Haus. Walaupun ada diberi istirahat, tetep capeknya kerasa. Otaknya juga main, wajar menguras energi.
Pas keluar dari ruang tes, keliatan banget muka-muka pesertanya muka capek kaya gak mandi 2 hari. Rambut saya pun berantakan, gak tau apa yang saya lakukan saat tes. Lagi stres kali/?
Saya pun pulang ke rumah dengan perasaan yang lumayan puas walaupun masih was-was.

Yang harus saya lakukan ialah, tinggal menunggu hasilnya, yang akan diumumkan 2 minggu lagi kalo gak salah. kalo gak salah mulu.

Dan tiba lah hari dimana pengumuman lolos tidaknya ditahap pertama, bisa di cek langsung di facebook fp nya Bina Antarbudaya. Sebelumnya disuruh di cek di websitenya, tapi karena ada kerusakan/error, akhirnya pengumuman akan diumumkan di fp tsb.

Dan dimalam itu-

BERSAMBUNG



Tidak ada komentar:

Posting Komentar